PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM dan SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Heny Untariyasning, 2215100043 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM dan SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Heny Fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Heny Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Bayat Tahun Pelajaran 2023/2024. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, angket/kuesioner yang dibagikan kepada siswa kelas V, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Bayat yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner angket dengan skala likert yang memiliki 5 jawaban alternatif jawaban. Uji validitas instrumen dilakukan dengan mengkolerasikan masing-masing dari skor item dengan skor total, dengan taraf signifikan 5% pada distribusi nilai rtabel statistic. Sehingga diperoleh rtabel 0,30 dan sebanyak 17 soal di nyatakan valid. Sedangkan untuk uji realibitas menggunakan rumus Alpa Crombach dengan hasil 0,6 untuk variabel penggunaan gadget, sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) termasuk kategori tinggi dengan perolehan presentase sebesar 94,74 % dan diperoleh dari frekuensi responden 19 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dalam penggunaan gadget selama dirumah. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi lebih kecil dari signifikan yaitu 0,01<0,05. Koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,204 atau 42%. Artinya pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V sebesar 42%, sedangkan sisanya sebesar 58% dipengaruhi oleh faktor lain lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: pengaruh gadget terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:40
Last Modified: 17 Sep 2024 02:40
URI: http://repository.unwidha.com:880/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item