PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCRATCH DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGNONGKO TAHUN AJARAN 2023/2024

Ayong Aditama, 2013100001 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCRATCH DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGNONGKO TAHUN AJARAN 2023/2024. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ayong Fix.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ayong Aditama. 2013100001. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Scratch Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Kelas X SMA Negeri 1 Karangnongko Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik media pembelajaran matematika berbasis scratch dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk pembelajaran pada materi sistem persamaan linier tiga variabel, 2) menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis scratch dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang layak untuk pembelajaran pada materi sistem persamaan linier tiga variabel, dan 3) menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis scratch dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang praktis untuk pembelajaran pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Penelitian ini mengimplementasikan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini dihimpun melalui teknik observasi, wawancara, dan angket. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan kurikulum yang digunakan. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan. Media yang dikembangkan dinamakan dengan media pembelajaran SI PLTV yang layak dan praktis untuk pembelajaran pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Media yang dihasilkan berupa media pembelajaran SI PLTV pada materi sistem persamaan linier tiga variabel kelas X yang sesuai dengan kurikulum merdeka memuat tujuan pembelajaran, tiga kali pertemuan, tombol on/off backsound, materi kontekstual beserta langkah-langkah penyelesaian, kuis kontekstual, refleksi, dan game. Kelayakan media pembelajaran SI PLTV berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh persentase sebesar 98,47% dan 90,10% dengan kategori “Sangat Layak” digunakan. Kepraktisan media pembelajaran SI PLTV berdasarkan penilaian uji coba skala kecil dan uji coba skala besar masing-masing diperoleh persentase sebesar 88,77% dan 92,82% dengan kategori “Sangat Praktis” digunakan sebagai media pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Kata kunci: media pembelajaran, scratch, sistem persamaan linier

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:56
Last Modified: 27 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.unwidha.com:880/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item