VIRTUAL FITTING ROOM SEPATU LURIK BERBASIS AUGMENTED REALITY

Aryati Wuryandari and Niken Retnowati (2023) VIRTUAL FITTING ROOM SEPATU LURIK BERBASIS AUGMENTED REALITY. Journal of Information System Management (JOISM), 5 (1). pp. 102-107. ISSN 2715-3088

[img] Text (Artikel)
Aryati Fitting Room.pdf

Download (289kB)
[img] Text (Cek Similaritas)
Cek Turnitin Fitting Room.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi yang paling terdampak selama pandemi Covid-19. UMKM mengalami penurunan penjualan dan keuntungan hingga lebih dari 50%. UMKM sepatu lurik pun beralih untuk fokus pemasaran produknya melalui online seperti melalui website ataupun marketplace. Pada umumnya, calon pembeli sepatu lurik harus datang langsung ke toko untuk mencoba sepatu yang diinginkan, tetapi dengan perancangan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) yakni virtual fitting room sepatu dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan UMKM sepatu lurik untuk memasarkan produknya lebih luas tanpa harus datang langsung ketoko. Aplikasi yang dikembangkan pada penelitian ini berbasis Android dan bekerja dengan cara menggabungkan model sepatu dalam dunia virtual dengan kaki pengguna pada dunia nyata yang ditangkap oleh kamera depan smartphone pengguna. Pembangunan aplikasi dilakukan dengan metode foot tracking agar model sepatu lurik dapat ditampilkan tepat pada kaki calon pembeli secara tepat. Kata Kunci : UMKM, Sepatu Lurik, Augmented Reality, Foot Tracking

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:05
Last Modified: 26 Mar 2024 04:05
URI: http://repository.unwidha.com:880/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item