PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN MENIKMATI NOVEL SISWA KELAS XII TEKSTIL 1 SMKN 1 ROTA BAYAT

Tasya Septiani, 1911100026 (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN MENIKMATI NOVEL SISWA KELAS XII TEKSTIL 1 SMKN 1 ROTA BAYAT. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Tasya Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tasya Septiani. 1911100026. Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Menikmati Novel Siswa Kelas XII Tekstil 1 SMKN 1 Rota Bayat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Pembimbing I Drs. Gunawan Budi Santoso, M.Hum, Pembimbing II Wisnu Nugroho Aji, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menikmati novel dengan menggunakan media digital aplikasi kahoot pada siswa kelas XII Tekstil SMKN 1 Rota Bayat Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) bagaimana kendala–kendala yang dihadapi siswa kelas XII Tekstil SMKN 1 Rota Bayat Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam pemanfaatan media pembelajaran digital aplikasi kahoot ?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menikmati novel dengan menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran secara digital pada siswa kelas XII Tekstil SMKN 1 Rota Bayat. (2) untuk mendeskripsikan kendala–kendala yang dihadapi siswa kelas XII Tekstil SMKN 1 Rota Bayat dalam menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode deskripsi kualitatif adalah pemecahan masalah dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek penelitian berdasarkan fakta–fakta. Objek penelitian ini yaitu adalah penggunaan media pembelajaran aplikasi kahoot dalam pembelajaran bahasa Indonesia menikmati novel dan kendala-kendala penggunaan aplikasi Kahoot pada siwa kelas XII Tekstil 1 SMKN 1 Rota Bayat. Instrumen yang digunakan adalah observasi, hasil tes pembelajaran, dan wawancara. Berdasarkan analisis hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot dapat memperbaiki hasil belajar siswa dan dapat merangsang minat belajar siswa kelas XII Tekstil 1 SMKN 1 Rota Bayat. Disamping itu, penerapan aplikasi kahoot terdapat beberapa kendala yang dialami siswa yaitu (1) banyak siswa masih kurang mengerti tentang kahoot, (2) Saat penggunaan aplikasi kahoot terdapat pula beberapa smartphone siswa yang kurang mendukung untuk mengakses kahoot, (3) Beberapa siswa juga mengalami gangguan jaringan, (4) Siswa juga merasa bingung saat menjawab kuis karena terbatasnya waktu menjawab kuis yakni hanya 20 detik/soal. Kata Kunci: Media Pembelajaran, aplikasi kahoot, Pembelajaran menikmati novel.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:59
Last Modified: 21 Nov 2023 02:59
URI: http://repository.unwidha.com:880/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item