ANIMASI 3D TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA BERBASIS AUGMENTED REALITY DI UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

Guslian Erlangga, 2072100008 (2023) ANIMASI 3D TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA BERBASIS AUGMENTED REALITY DI UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN. Diploma (D3) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Guslian Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan modernisasi merupakan faktor sosial ekonomi baru yang memberikan dampak pengaruh dalam bidang kesehatan. Faktor sosial ekonomi yang ada di dalam masyarakat merupakan pemicu bagi individu untuk memunculkan perilaku tidak sehat salah satunya penyalahgunaan narkoba yang menimbulkan berbagai dampak negatif. Hal tersebut kemudian menjadi latar belakang penulis untuk membuat aplikasi media pembelajaran animasi 3D berbasis Augmented Reality. Analisis kebutuhan yang dilakukan penulis dengan melakukan pengumpulan data melalui jurnal dan wawancara. Adapun metode yang digunakan dalam perancangan dan pengembangan aplikasi ini adalah metode MDLC, tahapan metode MDLC yaitu Concept, Design Aplikasi, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Qualcomm Vuforia SDK dan Unity 3D. Pembuatan model objek 3D dengan menggunakan Blender. Penelitian ini menghasilkan aplikasi animasi 3D berbasis Augmented Reality tentang narkoba dan dampak penggunaan narkoba. Hasil analisis dan perancangan animasi ini diharapkan dapat menjadi media informasi dan pembelajaran tentang dampak penggunaan narkoba di Universitas Widya Dharma Klaten. Kata Kunci ---- Teknologi, Narkoba, Augmented Reality, MDLC, Qualcomm Vuforia SDK, Blender

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Manajemen Informatika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:20
Last Modified: 06 Nov 2023 02:20
URI: http://repository.unwidha.com:880/id/eprint/3551

Actions (login required)

View Item View Item