PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JONGGRANGAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Daffa Dwiki Priyambada, 1915100052 (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JONGGRANGAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Daffa Fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakanannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan Game Based Learning materi Pengumpulan dan Penyajian Data pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jonggrangan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam jangka waktu 4 bulan yang terhitung dari Maret sampai dengan Juni 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas V SD Negeri 2 Jonggrangan tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Game Based Learning dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Game Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan game based learning. Hal ini dibuktikan dari selalu bertambahnya nilai rata- rata kelas dan jumlah siswa yang tuntas pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 68,3 dengan 65,2% siswa tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 78,3 dengan 82,6% siswa tuntas. Untuk ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus akhir adalah 82,6% (dengan selisih peningkatan dari siklus sebelumnya adalah 17,4%), dengan 19 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Game Based Learning dengan menggunakan Genially pada pembelajaran Matematika materi Pengumpulan dan Penyajian Data dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Penerapan Game Based Learning, Genially, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:58
Last Modified: 01 Nov 2023 02:58
URI: http://repository.unwidha.com:880/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item