PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MODEL POLYA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP

Tri Winarno, 1913100011 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MODEL POLYA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Tri Fix.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tri Winarno. 1913100011. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Scratch dengan Pendekatan Problem Solving Model Polya pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis scratch pada materi Lingkaran bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten yang layak dan praktis digunakan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis research and development menggunakan model ADDIE dengan 4 tahapan yaitu, (1) analysis, (2) design, (3) development, dan (4) implementation. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten sebagai calon pengguna produk. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari 90 siswa untuk uji coba operasional lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media dan angket ahli materi serta angket respon siswa dengan skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Validasi kelayakan dilakukan oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi dan diuji cobakan skala kecil kepada 30 siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Klaten serta diuji cobakan skala besar kepada 60 siswa kelas VIII C dan kelas VIII D SMP Negeri 3 Klaten. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kelayakan dari ahli media terhadap tampilan media pembelajaran diperoleh persentase skor sebesar 75,67% dengan kategori layak dan tingkat kelayakan dari ahli materi terhadap isi dan penyajian materi garis singgung lingkaran diperoleh skor persentase sebesar 93,33% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil dari uji coba kepraktisan skala kecil diperoleh skor persentase sebesar 87% dengan kategori sangat praktis dan hasil dari uji coba kepraktisan skala besar (N = 60 siswa) diperoleh skor persentase sebesar 86% dengan kategori sangat praktis. Kata kunci: media pembelajaran, model ADDIE, garis singgung lingkaran, research and development

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:24
Last Modified: 10 Aug 2023 02:24
URI: http://repository.unwidha.com:880/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item View Item