PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA DENGAN MEDIA PERMAINAN DADU GAMBAR PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Istri, Suratmi (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA DENGAN MEDIA PERMAINAN DADU GAMBAR PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Istri Suratmi.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA DENGAN MEDIA PERMAINAN DADU GAMBAR PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Oleh Istri Suratmi NIM 1711300001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa menggunakan media permainan dadu gambar pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karanganom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif melibatkan guru dan peneliti. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis Taggart model siklus berulang (spiral). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis melalui Analisis Interaktif meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan mencari rerata nilai kemudian dibandingkan setiap siklusnya. Validitas instrumen pengambilan data dilakukan dengan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melaksanakan langkah- langkah pembelajaran dengan media permainan dadu gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karanganom. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata membaca aksara Jawa yaitu 63,82 pada pratindakan, menjadi 70,38 pada siklus I dan setelah dilakukan perbaikan meningkat kembali menjadi 76,88 pada siklus II. Persentase siswa yang lulus KKM dan masuk kategori terampil juga mengalami kenaikan dari 23,53% pada pratindakan naik menjadi 62,5% pada siklus I, dan menjadi 78,12% pada siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menyatakan gagasan, menjawab pertanyaan, maupun untuk bertanya, serta merasa senang belajar menggunakan media permainan dadu gambar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:23
Last Modified: 18 Mar 2019 04:23
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item